Jumat, 23 Maret 2012

skema Audio Compressor

Gambar.5
Gambar 4 menunjukkan rangkaian untuk kompresor sederhana dengan ambang tetap, respon amplitudo yang ditunjukkan pada Gambar 5.

OP1 dalam hubungannya dengan R2 membentuk shunt attenuator yang bertindak sebagai elemen kontrol keuntungan. Output buffer oleh IC1 untuk mencegah efek loading. Output dari IC1 adalah setengah gelombang dikoreksi oleh D1 dan dihaluskan oleh R3 dan C2, dan kemudian diumpankan ke basis dari transistor Q1 gain tinggi. Begitu tingkat output sirkuit mulai melebihi Ambang ditetapkan oleh pergantian pada tegangan D1 dan Q1, Q1 akan mulai melakukan, menyalakan OP1 yang akan mengurangi tingkat output.

Dengan nilai yang ditampilkan pengurangan keuntungan dimulai pada Threshold dari -10 dBu. Ini dapat diubah dengan mengatur R1 (nilai yang lebih kecil - Threshold> lebih rendah) yang langsung menambah jumlah yang tepat make up gain sekitar IC1 pada saat yang sama. Untuk Ambang batas lebih besar dari 0 dB, dioda zener tegangan rendah dapat ditambahkan secara seri dengan D1 seperti yang ditunjukkan. Rasio diatur oleh karakteristik coupler dan R5, dan dengan nilai yang ditampilkan adalah sekitar 3:1. Arus mengalir melalui LED dari OP1 juga menerangi LD1, untuk menunjukkan bahwa pengurangan gain yang terjadi. R3 dan C2 menentukan waktu Attack, dan (R3 + R4) dan C2 rilis, dan perlu ditetapkan untuk aplikasi tertentu.

Rangkaian akan lari pasokan pemecahan + / -6 untuk + /-15V, yang memungkinkan tingkat sinyal input maksimum hingga +20 dBu RMS. IC1 dapat berupa penguat kebisingan / distorsi rendah operasional, selama ia memiliki kemampuan drive output yang cukup untuk mengisi C2 tanpa distorsi. Sinyal input harus berasal dari sumber dengan DC yang sangat rendah offset, karena ini akan dimodulasi oleh perubahan keuntungan, sehingga menimbulkan bunyi "benturan". Jika ragu, menambahkan kapasitor kopling ke input. Sebuah coupler NSL-32 yang dipilih digunakan, memberikan performa sangat baik, dengan distorsi pada -12 masukan dBu biasanya kurang dari 0,005% tanpa pengurangan keuntungan terjadi. Distorsi sementara mengompresi adalah fungsi dari frekuensi input, waktu konstan C2/R4 dan jumlah pengurangan gain, dan biasanya lebih baik dari 0,01% pada 1kHz / 6 dB. Sebuah versi dinilai dari NSL-32 digunakan untuk alasan pengulangan di sirkuit. Tidak seperti rangkaian limiter, tidak ada banyak keuntungan loop untuk linearize respon. Dengan NE5532 untuk IC1, kebisingan output yang lebih baik dari -99 dBu.

klik gambar untuk memperbesar
Gambar 6 menunjukkan skema untuk rangkaian kompresor yang lebih komprehensif, yang menawarkan kontrol atas keuntungan Threshold, Ratio, Attack, Release dan Makeup. Pada dasarnya rangkaian bekerja dengan cara yang mirip dengan rangkaian limiter, kecuali bahwa ambang komparator diatur pada tingkat rendah (= -20 dBu) dan Threshold sebelumnya kontrol VR1 melemahkan sinyal diperbaiki untuk mengubah ambang efektif. Umpan balik dari sumber lokal Q1 ke komparator melalui VR2 dan R2 memungkinkan penyesuaian rasio 2:01-7:01 sekitar, bukan rasio 100:1 dari limiter yang dicapai dengan hanya memiliki umpan balik frekuensi rendah melalui aksi optocoupler . Kisaran ambang -20 sampai +10 dBu dBu ditunjukkan pada Gambar 7 dan rasio pada Threshold dari 0 dBu pada Gambar 8.

Waktu serangan adalah variabel dari ~ 1 msec untuk 20 msec melalui VR3, dan waktu rilis dari 100 msec untuk 1 detik melalui VR4. Tahap keuntungan variabel sekitar IC2B menyediakan dari 0 .... +20 dB Gain Makeup. Daripada hanya memiliki menunjukkan LED secara seri dengan optocoupler, cermin arus dikonfigurasi sekitar Q2, 3, dan R17 22 menghasilkan tegangan tanah direferensikan sebanding dengan arus yang mengalir melalui coupler LED. Hal ini dapat digunakan untuk menggerakkan satu meter (baik bargraph LED, atau jika Anda ingin "retro" lihat, meter kumparan bergerak) untuk memberikan informasi lebih lanjut tentang berapa banyak pengurangan gain yang terjadi. Di sirkuit ini coupler NSL-32SR3S dinilai digunakan, dengan 6 dB pra-attenuator untuk mengurangi distorsi. Hal ini mengakibatkan khas + THD angka U dari <0,003% pada +6 dBu I / P dan kompresi tidak, dan 0,03% pada +10 dB dan 3 dB kompresi (tergantung pada set kali Attack dan Release). Output suara dengan 0 dB adalah make up gain <-106 dBu.


contoh rangkaian lain:


LIHAT JUGA:
Sekema Audio Compressor bagian  1
Sekema Audio Compressor bagian  2
Sekema Audio Compressor bagian  3
Sekema Audio Compressor bagian  4

0 comments:

Poskan Komentar